MAKALAH MANAJEMEN
PEMASARAN GLOBAL
ANALISIS PT
SIDO MUNCUL
DISUSUN OLEH :
DENI DWI TIORO (11215678)
GILANG DWI FITRIANSYAH
(12215898)
MOHAMAD YUDHA SULISTIO
(14215270)
4EA04
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2018
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang
Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, dan tak lupa puji dan syukur kami panjatkan
atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya
kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Analisis PT Sido Muncul”.
Adapun makalah ini telah kami buat
semaksimal mungkin dan tentunya dengan berbagai referensi, sehingga dapat
memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima
kasih kepada seluruh referensi-referensi yang telah membantu kami dalam
pembuatan makalah ini.
Kami berharap makalah ini dapat
berguna dalam rangka menambah wawasan serta pengetahuan kita. Kami juga menyadari
sepenuhnya bahwa di dalam makalah ini terdapat kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu, kami berharap adanya kritik dan saran untuk masukan
dalam pembuatan karya selanjutnya.
Akhir kata semoga makalah yang telah
kami buat ini dapat bermanfaat bagi kami sendiri maupun orang yang membacanya.
Depok,
15 November 2018
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR........................................................................................... i
DAFTAR
ISI........................................................................................................ ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang............................................................................................... 1
1.2
Rumusan Masalah.......................................................................................... 2
1.3
Tujuan Penulisan............................................................................................. 2
BAB II LANDASAN TEORI
2.1 Analisis Desain Produk PT Sido Muncul........................................................ 3
2.2 Analisis Nama Merek PT Sido Muncul...........................................................5
2.3 Analisis Posisi Produk PT Sido Muncul......................................................... 5
2.4 Analisis
Kemasan Produk PT Sido Muncul.................................................... 6
2.5
Analisis Strategi Iklan
PT Sido Muncul.......................................................... 6
2.6
Analisis Promosi
Penjualan PT Sido Muncul.................................................. 7
2.7
Analisis Distribusi
Produk PT Sido Muncul.................................................... 7
2.8
Analisis Layanan Konsumen
PT Sido Muncul................................................ 8
BAB III METODE PENELITIAN
3.1
Kesimpulan................................................................................................... 9
3.2
Saran............................................................................................................ 9
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Obat
tradisional merupakan salah satu peninggalan para leluhur yang masih sangat di
perlukan dan diminati banyak orang di era modern sekarang. Ada banyak
keuntungan dari penggunaan obat tradisional dibandingkan dengan obat-obat
kimia. Salah satunya dari segi ekonomi, obat tradisional bisa didapatkan
disekitaran lingkungan tempat tinggal dan tentu saja dengan cuma-cuma. Bukan
hanya itu, diketahui bahwa obat tradisional juga mempunyai efek samping yang
lebih ringan dibandingkan obat-obatan sintesis.
Jamu
adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan
sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari
bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti akar-akaran,
daun-daunan dan kulit batang, buah. Jamu
biasanya terasa pahit sehingga perlu ditambah madu sebagai pemanis agar
rasanya lebih dapat ditoleransi peminumnya. Jamu tradisional merupakan obat
yang diracik secara tradisional dan sangat berguna untuk kesehatan. Saat ini
jamu tradisional mungkin kehadirannya sudah digantikan dengan obat-obatan
modern. Tapi sebenarnya jamu tradisional
tidak kalah khasiatnya dengan obat-obatan jaman sekarang bahkan lebih baik. Saat ini banyak pabrik
yang memproduksi jamu tradisional dalam
bentuk kemasan sehingga sangat mudah untuk digunakan, salah satunya yaitu PT. Sidomuncul. Perkembangan produk
herbal ini menjadikan PT.
Sidomuncul
terus berinovasi dan berusaha tetap memuaskan pelanggannya dengan berbagai
produk – produk yang dihasilkan dan dengan harga yang terjangkau.
1.2 Rumusan Masalah
1. Bagaimana desain produk PT Sido Muncul?
2. Bagaimana nama merek PT Sido Muncul?
3. Bagaimana posisi produk PT Sido Muncul?
4. Bagaimana kemasan produk PT Sido Muncul?
5. Bagaimana strategi iklan PT Sido Muncul?
6. Bagaimana promosi penjualan PT Sido Muncul?
7. Bagaimana distribusi produk PT Sido Muncul?
8. Bagaimana layanan konsumen PT Sido Muncul?
1.3 Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui desain produk PT Sido
Muncul.
2. Untuk
mengetahui nama merek PT Sido Muncul.
3. Untuk
mengetahui posisi produk PT Sido
Muncul.
4. Untuk
mengetahui kemasan produk PT Sido
Muncul.
5. Untuk
mengetahui strategi iklan PT Sido
Muncul.
6. Untuk
mengetahui promosi penjualan PT Sido
Muncul.
7. Untuk
mengetahui distribusi produk PT Sido
Muncul.
8. Untuk
mengetahui layanan konsumen PT Sido
Muncul.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Analisis Desain Produk PT Sido Muncul.
Adapun gambaran umum
produk Sidomuncul adalah sebagai berikut:
A. Herbal
Medicine (obat herbal)
Sidomuncul memandang
keanekaragaman hayati dengan flora dan fauna indonesia sebagi peluang besar
untuk meningkatkan produksinya, dimana obat herbal merupakan obat yang diproses
sedimikian rupa, dengan minimnya efek samping pada obat-obatan herbal tersebut.
Adapun Obat herbal yang ada pada sidomuncul adalah sebagai berikut :
a. Tolak Angin (Tolak angin
anak,cair,serbuk, flu dan serbuk)
b. Jamu (Pegal linu gingseng, pria
perkasa ,sakit perut)
c. Jamu Komplit (Jamu komplit sehat pria
dan wanita, jamu komplit sakit pinggang)
d. Anak sehat
e. Esemag (membantu pengobatan mag)
f. Temulawak (menjaga kesehatan hati)
g. New Hemoroa (untuk wasir)
h. Fatraper (menurunkan lemak dan
kolesterol)
i. Kunyit Putih (meningkatkan daya tahan
tubuh)
j. Bilberry Carrot (antioksidan mata)
k. Echinacea (meningkatkan daya tahan
tubuh)
l. Garlic (menjaga kesehatan jantung)
m. Daun Dewa (makanan tambahan penderita
tumor dan kanker)
n. SM Prosta Plus (untuk pembesaran
prostat)
B. Energy
drink (Minuman energi)
Minuman energi sidomuncul ini ditunjukan
untuk menambah energi seseorang yang meminumnya, produk minuman ini mengandung
perangsang yang dapat membahayakan tubuh konsumennya , namun apabila dikonsumsi
secara teratur hal itu tidak akan terjadi. Adapun minuman energi yang ada pada
sidomuncul adalah sebagai berikut:
a. Kuku bima energy
b. Cola
C. Beverage
& confectionary (Minuman dan penganan)
Produk minuman dan penganan sidomuncul
ini merupakan produk yang yang dapat dinikmat pada saat sedang belajar baca
koran atau sedang diperjalanan. Produk ini biasanya seperti teman saat santai
atu juga produk ini dapat dimannfaatkan pada saat kondisi badan kurang fit.
Adapun produk minuman & penganan yang ada pada sidomuncul adalh sebagai
berikut:
a. Permen tolak angin
b. Kopi jahe sidomuncul
D. Supplement
and other (suplemen dan lainnya)
Produk suplemen ini merupakan produk
yang dipaki untuk melengkapi makanan , mengandung satu atau lebih dari bahan
seperti vitamin, mineral tumbuhan diman produk ini dimanffaatn untuk
meningkatkan derajat kesehatan mencegah dan menyembuhkan penyakit. Adapun
produk suplemen yang ada pada sidomuncul adalah sebagai berikut :
a. Sari kulit manggis
b. Sari sirsak
c. Suprasi (melancarkan ASI)
d. Memory (meningkatkan daya ingat)
E. Healty
drink (Minuman sehat)
Minuman sehat adalah satu jenis produk
sidomuncul yang memiliki kandungan optimal baik dan sehat yang dapa diperoleh
jika meminumnya. Miniman ini seringkali diasumsikan sebagai minuman yang mahal,
padahal minuman seberapa mahalnya pun minuman kesehatan, asal mendapatkan
manfaat yang baik, itu tidak dijadikan alasan untuk tidak membelinya. Adapun
Produk minuman kesehatan yang ada pada sidomuncul adalah sebagai berikut:
a. Vitamin C 1000
b. Kunyit asam
c. Susu jahe sidomuncul
d. Alangsari
2.2 Analisis Nama Merek PT Sido Muncul
PT. Sido Muncul merupakan perusahaan yang telah
meramaikan industri jamu di tanah air. Kiprahnya dalam memproduksi jamu
berkualitas di Indonesia telah dikenal sejak lama dan telah diterima oleh
masyarakat secara luas. Nama Sido Muncul berarti "impian yang
terwujud".
2.3 Analisis Posisi Produk PT Sido
Muncul
Kini
posisi Sidomuncul di persaingan pasar adalah sebagai market leader dalam
kategori produk jamu yang terus berusaha digoyang para pesaingnya seperti
Antangin dan Bejo . Target market dari Sidomuncul ini adalah orang-orang yang
lebih percaya terhadap jamu ataupun obat herbal dibandingkan dengan obat-obat
farmasi.
Presiden
direktur dari PT. Sido Muncul, Irwan berinovasi dengan Tolak Angin berbentuk
cair dan mengemas Tolak Angin dalam kemasan sachet yang praktis, tolak angin dalam
permen, dengan begitu Tolak Angin telah memasuki pasar blue ocean karena belum
ada produk yang sejenis sebelum dikeluarkannya produk Tolak Angin cair ini.
Tak hanya disitu saja sekarang
Tolak Angin berinovasi dengan menghadirkan tolak angin anak untuk segmentasi
pasar anak-anak, Tolak Angin Flu untuk pengobatan spesifik seperti flu, serta
permen tolak angin yang semakin mempraktiskan kemasan produk.
2.4 Analisis Kemasan Produk PT Sido Muncul.
Produk-produk sidomuncul dalam memasarkan produknya melakukan strategi untuk dapat
memuaskan konsumennya dengan cara memberikan kemudahan pada kemasan setiap
produknya dengan menggunakan sachet untuk mempermudah pemakaian dengan menyobek
atau mengguntingnya, dan ada juga produk Sidomuncul yang dikemas dengan botol
untuk memudahkan konsumen saat mengonsumsi produk Sidomuncul.
2.5 Analisis
Strategi Iklan PT Sido Muncul.
PT. Sido Muncul dalam memasarkan Tolak Angin menggunakan iklan melalui
media massa terutama di Televisi. Iklan Tolak Angin sangat dikenal dengan
taglinenya “Orang Pintar Tolak Angin”. Dalam iklan tolak angin ini ingin
mempengaruhi khalayak bahwa dalam memilih obat masuk angin perlu minum Tolak
Angin. Tagline ini diperkuat dengan visual orang-orang yang sukses dan memiliki
otak yang cukup terkenal seperti Ronald Kasali seorang akademisi dan tokoh
pemasaran, Lula Kamal, seorang artis dan dokter, Agnes Monica yang dikenal
orang masyarakat sebagai muda berbakat dan memiliki prestasi akademik dan yang
terakhir Anggito Abimanyu, seorang akademisi.
Iklan Tolak Angin saat ini tidak semata-mata bersifat persuasif semata
tetapi di dalam iklan Tolak Angin terdapat informasi-informasi yang
menunujukkan bahwa Tolak Angin peduli dengan budaya Indonesia. Hal ini cukup
wajar karena secara posisi jamu Tolak Angin sudah cukup dikenal oleh masyarakat
Indonesia karena secara usia produk ini sudah lama, maka iklan-iklan Tolak
Angin ini sebenarnya lebih bersifat reminder (pengingat) kepada masyarakat.
Iklan Tolak Angin bukan lagi sebagai sarana utama untuk memasarkan produk
tetapi menjadi pengingat dan informasi apa saja yang dilakukan oleh Tolak Angin
untuk menjaga loyalitas konsumen. Iklan juga digunakan untuk memperkuat brand
Tolak Angin, supaya nama Tolak Angin ini melekat kuat di dalam benak khalayak.
2.6 Analisis Promosi Penjualan PT Sido
Muncul.
Promosi
penjualan digunakan untuk menjaring konsumen baru dan terciptanya penjualan
yang meningkat dalam waktu dekat. Salah satu bentuk promosi yang dilakukan oleh
PT. Sido Muncul dalam memasarkan Jamu Tolak Angin adalah dengan mengemas Jamu
Tolak Angin dengan permen Tolak Angin dalam satu paket. Keuntungan yang di
dapat adalah Jamu Tolak Angin dapat terjual dan sekaligus mengenalkan produk
baru PT. Sido Muncul.
Bentuk lain promosi penjualan adalah sebagai Event
Sponsorship. Dalam beberapa event televisi Tolak Angin seringkali menjadi
sposor utama seperti Realtiy Superstar pada awal tahun 2000an di Indosiar dan
sponsor acara musik Karnaval di SCTV. Sebagai sponsor utama Tolak Angin
mendapatkan banyak keuntungan, sebagai mana dilansir dalam Malang Post dalam
acara Karnaval SCTV di kota Malang pada tanggal 15 Mei 2010 dapat mengadakan
relaunching produk turunan Tolak Angin yang diperuntukkan bagi anak-anak Selain
itu keuntungan lain yang di dapatkan oleh Tolak Angin adalah mereka dapat
menjual secara langsung lewat stand-stand yang disediakan di tempat acara
berlangusng dengan memberikan doorprize dan hadiah-hadiah menarik lainnya.
2.7 Analisis Distribusi Produk PT Sido
Muncul.
Berawal dengan adanya peraturan pemerintah yang mengharuskan para
produsen untuk menunjuk distributor dalam memasarkan produknya. Oleh karena itu
dibuatlah perusahaan distribusi untuk memasarkan produk-produk Sido Muncul,
yang diberi nama PT. Muncul Mekar. Selanjutnya Muncul Mekar ditunjuk sebagai
distributor tunggal perusahaan jamu dan farmasi Sido Muncul. Muncul Mekar
memiliki kekuatan yang sulit dicari padanannya di industri ini. Memiliki lebih
dari 120 kantor cabang di seluruh Indonesia dan didukung lebih dari 10.000 SDM,
membuat produk-produk Sido Muncul merata hingga pelosok Nusantara.
Selain mendistribusikan produk-produknya ke seluruh
Indonesia, Sidomuncul juga mendistribusikan produknya ke luar negeri untuk
memperluas pangsa pasar. Sementara jaringan distribusi sudah ada di Amerika
Serikat (AS), Australia, Belanda, Arab Saudi dan lainnya. Dan setelah sukses
membuka kantor distribusi di Filipina dan Nigeria, perusahaan yang memiliki
pabrik di Semarang ini mentargetkan bisa masuk ke pasar Thailand dan Vietnam.
Dari pengembangan kantor pemasaran dan distribusi di Filipina, pihak Sidomuncul
mengatakan meski baru dilakukan awal tahun ini, respon pasar disana cukup
positif.
2.8 Analisis Layanan Konsumen PT Sido Muncul.
Untuk
mempermudah konsumen jika terdapat keluhan konsumen bias mengunjungi web
http://sidomuncul.id/contact dan bisa mengisi keluhan atau pesan yang ingin
disampaikan ke pihak Sidomuncul.
DAFTAR PUSTAKA
http://semarang.solopos.com/read/20180921/515/941027/sido-muncul-ekspor-perdana-jamu-ke-filipina
Tidak ada komentar:
Posting Komentar