OPENOFFICE.org WRITER
1. Penjelasan
OpenOffice.org Writer.
OpenOffice.org
Writer adalah sebuah perangkat lunak/progam aplikasi yang dirancang khusus
untuk keperluan pengolahan kata. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir,
brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan
atau AutoCorrect yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalisir (atau
bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. OpenOffice juga menyediakan
fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah
penjelajahan dokumen yang sangat panjang.
OpenOffice
Writer menyediakan banyak template untuk berbagai tujuan, sehingga dapat
mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat
membuat template sediri apabila jenis template untuk dokumen yang ingin kita
buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi template yang sudah ada.
2. Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org Writer.
·
Kelebihan OpenOffice.org Writer :
A.
Aplikasinya
ringan.
B.
Dapat
membuka format dari MS Word tipe apapun termasuk tipe .docx.
C.
Dapat
mengkonvert ke bentuk .pdf secara langsung seperti save as biasa.
D.
Memiliki
lebih banyak tipe file untuk penyimpanan (dapat menyimpan file dalam format
yang dimiliki MS Word 2007).
·
Kekurangan OpenOffice.org Writer :
A.
Jika
menyimpan ke bentuk .rtf, setelah dibuka di MS Word formatnya juga berubah.
B.
Peletakan
panel (tombol) untuk mengedit spasi sulit ditemukan.
C.
Untuk
membuat page break seperti di word susah ditemukan panel (tombol)nya.
D.
Tidak
dapat mempublish tulisan ke blog.
E.
Tidak
bisa menggunakan equation untuk menulis rumus.
3. Cara
Kerja OpenOffice.org Writer.
A.
Untuk
membuka lembar dokumen baru tanpa harus menutup lembar dokumen yang sudah aktif
atau sudah dibuka sebelumnya dengan cara
1. klik kiri pada File
2. pilih “New”
3. kemudian klik “Text
Document”
4. adapun cara lain dengan
mengklik icon “New” pada toolbar
5. atau lebih mudahnya
lagi cukup tekan Ctrl+N pada keyboard
B.
Apabila
selesai mengetik Anda ingin menyimpannya ke dalam tempat penyimpanan pada PC
Anda atau pun pada tempat penyimpanan lainnya caranya adalah
1. klik “File” pada menu
bar
2. pilih “Save As” untuk
dokumen yang belum pernah disimpan atau dokumen yang baru dibuat
3. kemudian beri nama data
yang akan disimpan pada kolom “File Name”
4. jika ingin mengubah
tipe data yang disimpan bisa dengan mengklik “Save As Type”, pilih sesuai
kebutuhan
5. terakhir klik “Save”
6. sedangkan dokumen yang
sudah pernah disimpan akan tetapi ingin diubah dan untuk menyimpan perubahan
tersebut klik “Save”, maka dokumen akan tersimpan secara otomatis. Atau lebih
mudah lagi dengan mengklik icon “Save” pada tool bar
C.
Jika
Anda ingin membuka file atau data yang sudah tersimpan, tanpa menutup dokumen
yang sedang aktif, caranya adalah
1. klik “File” pada menu
bar
2. pilih “Open”
3. pilih dokumen yang Anda
inginkan
4. ada pula cara lain
dengan icon “Open” yang ada pada tool bar
5. ataupun lebih mudahnya
lagi dengan menekan Ctrl+O pada keyboard
D.
Apabila
Anda ingin mencetak hasil tulisan atau ketikan Anda, syaratnya PC Anda sudah
harus terhubung dengan printer, berikut caranya
1. klik “File” pada menu
bar
2. pilih “Print”
3. atur sesuai kebutuhan
Anda
4. terakhir klik “Print”
5. atau cara lebih mudahnya
bisa menekan Ctrl+P
E.
Apabila
terjadi kesalahan pada proses pengentikan Anda dan Anda ingin mengembalikan
keadaan sebelum terjadi kesalahan cukup dengan mengklik icon “Undo” pada tool
bar atau dengan menekan Ctrl+Z dan apabila ingin mengembalikan keadaan sebelum
mengklik “Undo” bisa mengklik “Redo” atau dengan menekan Ctrl+Y
F.
Apabila
Anda ingin menyalin tulisan ataupun ketikan ke bagian yang lain, Anda bisa
melakukan cara seperti di bawah ini:
1. blok bagian tulisan
ataupun ketikan yang Anda inginkan
2. klik “Edit” pada menu
bar
3. pilih “Copy”
4. kemudian letakan kursor
pada bagian lain yang Anda inginkan
5. klik “Edit” pada menu
bar
6. pilih “Paste”
atau Anda ingin
menggunakan cara yang lebih cepat dengan
1. blok bagian tulisan
ataupun ketikan yang Anda inginkan
2. klik kanan pada bagian
tulisan atau ketikan yang di blok
3. pilih “Copy” atau
menekan Ctrl+C
4. kemudian letakan kursor
pada bagian lain yang Anda inginkan
5. klik kanan, pilih
“Paste” atau cukup menekan Ctrl+V
G.
Sebelum
memulai mengetikan sesuatu pada lembar dokumen, Anda bisa mengatur kertas atau
“Lembar Dokumen” yang akan digunakan seperti memberi batas jarak dari tepi
kanan, kiri, maupun pada tepi atas bawah, atau mungkin ingin memberi halaman
pada bagian atas dokumen ataupun bagian bawah dokumen, dengan cara
a) untuk mengatur batas
dari tepi kanan, kiri ataupun tepi atas bawah
1. klik properties yang
berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik “Margin”
4. atur sesuai kebutuhan
Anda
b) untuk memberi halaman
1. klik “Insert” atau bisa
klik “Format”
2. pilih “Header” untuk
bagian atas atau “Footer” untuk bagian bawah
3. atur sesuai kebutuhan
Anda
c) untuk mengatur posisi
kertas/dokumen
1. klik properties yang
berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik pada “Orientation”
4. klik “Potrait” untuk
posisi vertikal dan klik “Landscape” untuk posisi
d) untuk mengatur ukuran
atau jenis kertas/dokumen
1. klik properties yang
berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik “Size”
4. atur sesuai kebutuhan
e) untuk membuat bentuk
kolom
1. jika Anda ingin membuat
tulisan ataupun ketikan Anda ke dalam bentuk kolom, blok tulisan atau ketikan
yang Anda inginkan
2. klik properties yang
berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
3. pilih “Page”
4. klik “Column”
5. atur sesuai kebutuhan
Anda
H.
Jika
ingin mulai mengetikan sesuatu pada lembar dokumen dengan mengklik kiri pada
lembar dokumen dan mulai mengetik. Untuk mengedit tulisan yang sudah diketikan
sesuai yang diinginkan seperti
a) Mengubah bentuk “Font”
atau huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Name” pada
tool bar
3. atur/ubah sesuai
kebutuhan
b) Mengubah ukuran “Font”
atau huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Size” pada
tool bar
3. atur/ubah sesuai
kebutuhan
c) Mengubah warna “Font”
atau huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Color” pada
tool bar
3. atur/ubah sesuai
kebutuhan
d) Mempertebal “Font” atau
huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Bold” pada tool
bar
3. atau bisa menekan
Ctrl+B pada keyboard
e) Mencetak miring pada
“Font” atau huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Italic” pada tool
bar
3. atau bisa menekan
Ctrl+I pada keyboard
f) Memberi garis bawah
pada “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Underline” pada
tool bar
3. atau bisa menekan
Ctrl+U pada keyboard
g) Mengatur paragraf
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Format”
3. pilih “Paragraph”
4. pilih “Alignment”
5. pilih “Left” untuk rata
kiri, “Centre” untuk rata tengah, “Right” untuk rata kanan, dan “Justified”
untuk rata kanan-kiri
h) Mengatur spasi
1. blok tulisan atau
ketikan yang diinginkan
2. klik “Format”
3. pilih “Paragraph”
4. pilih “Indents and
Spacing”
5. atur sesuai kebutuhan
I.
Jika
Anda ingin mengetik ke dalam bentuk yang berbeda seperti tabel ataupun bentuk
lainnya berikut caranya
a) Membuat tabel
1. klik “Insert” pada menu
bar
2. pilih “Table”
3. atur “Row” dan “Column”
sesuai kebutuhan Anda
4. atau Anda bisa langsung
mengklik “Tabel” pada menu bar, kemudian pilih “Insert” 5. dan atur sesuai
keinginan Anda
6. ada juga cara cepat
yang dapat dilakukan dengan menekan Ctrl+F12
b) Membuat bentuk lain
1. pilih salah satu bentuk
objek yang Anda inginkan pada tool bar “Drawing”
2. jika Anda sudah
mengklik salah satu dari bentuk yang terdapat dalam “Drawing”
3. maka klik pada bagian
dokumen untuk menuangkan bentuk yang sudah Anda pilih
4. apabila bentuk yang
Anda inginkan sudah berada di lembar dokumen maka untuk memberi teks atau
tulisan dengan mengklik kanan pada bagian objek kemudian pilih ”Text”
5. objek siap untuk
ditambahkan tulisan
jika tool bar “Drawing”
belum muncul pada Open Office Writer Anda, maka untuk memunculkannya klik
“View” pada menu bar, pilih “Toolbars” kemudian pilih “Drawing”
c) Adapun untuk mengganti
warna objek tersebut dengan cara
1. pilih “Background
Color” pada tool bar
2. klik warna sesuai yang
Anda inginkkan
4. Implementasi
OpenOffice.org Writer.
OpenOffice.org
sangat berpengaruh terhadap masayarakat khususnya untuk masyarakat yang
kesehariannya memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini karena aplikasi
perkanoran seperti OpenOffice.org sangatlah efesien dalam membangun kinerja
keseharian (perkantoran) pada kemajuan tekhnologi di era modernisasi ini. Aplikasi
pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak
digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan
ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi OpenOffice.org
Writer kita dapat membuat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel,
brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan lain sebagainya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar