Sabtu, 21 November 2015

Pengantar Komputer dan TI 1 C



OPENOFFICE.org WRITER



   1.    Penjelasan OpenOffice.org Writer.

OpenOffice.org Writer adalah sebuah perangkat lunak/progam aplikasi yang dirancang khusus untuk keperluan pengolahan kata. Kita dapat membuat surat pribadi, formulir, brosur, fax, dan bahkan sampai manual profesional. Fasilitas pemeriksa ejaan atau AutoCorrect yang bagus dapat kita gunakan, sehingga meminimalisir (atau bahkan meniadakan) kesalahan dalam pembuatan dokumen. OpenOffice juga menyediakan fasilitas navigasi yang baik dan mudah digunakan,sehingga mempermudah penjelajahan dokumen yang sangat panjang.
OpenOffice Writer menyediakan banyak template untuk berbagai tujuan, sehingga dapat mempercepat pembuatan dokumen khusus yang sering dibuat. Kita juga dapat membuat template sediri apabila jenis template untuk dokumen yang ingin kita buat belum ada, atau kita juga bisa memodifikasi template yang sudah ada.

   2.    Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice.org Writer.

·         Kelebihan OpenOffice.org Writer :

A.    Aplikasinya ringan.
B.    Dapat membuka format dari MS Word tipe apapun termasuk tipe .docx.
C.   Dapat mengkonvert ke bentuk .pdf secara langsung seperti save as biasa.
D.   Memiliki lebih banyak tipe file untuk penyimpanan (dapat menyimpan file dalam format yang dimiliki MS Word 2007).

·         Kekurangan OpenOffice.org Writer :

A.    Jika menyimpan ke bentuk .rtf, setelah dibuka di MS Word formatnya juga berubah.
B.    Peletakan panel (tombol) untuk mengedit spasi sulit ditemukan.
C.   Untuk membuat page break seperti di word susah ditemukan panel (tombol)nya.
D.   Tidak dapat mempublish tulisan ke blog.

E.    Tidak bisa menggunakan equation untuk menulis rumus.

   3.    Cara Kerja OpenOffice.org Writer.




A.    Untuk membuka lembar dokumen baru tanpa harus menutup lembar dokumen yang sudah aktif atau sudah dibuka sebelumnya dengan cara
1. klik kiri pada File
2. pilih “New”
3. kemudian klik “Text Document”
4. adapun cara lain dengan mengklik icon “New” pada toolbar
5. atau lebih mudahnya lagi cukup tekan Ctrl+N pada keyboard

B.    Apabila selesai mengetik Anda ingin menyimpannya ke dalam tempat penyimpanan pada PC Anda atau pun pada tempat penyimpanan lainnya caranya adalah
1. klik “File” pada menu bar
2. pilih “Save As” untuk dokumen yang belum pernah disimpan atau dokumen yang baru dibuat
3. kemudian beri nama data yang akan disimpan pada kolom “File Name”
4. jika ingin mengubah tipe data yang disimpan bisa dengan mengklik “Save As Type”, pilih sesuai kebutuhan
5. terakhir klik “Save”
6. sedangkan dokumen yang sudah pernah disimpan akan tetapi ingin diubah dan untuk menyimpan perubahan tersebut klik “Save”, maka dokumen akan tersimpan secara otomatis. Atau lebih mudah lagi dengan mengklik icon “Save” pada tool bar

C.   Jika Anda ingin membuka file atau data yang sudah tersimpan, tanpa menutup dokumen yang sedang aktif, caranya adalah
1. klik “File” pada menu bar
2. pilih “Open”
3. pilih dokumen yang Anda inginkan
4. ada pula cara lain dengan icon “Open” yang ada pada tool bar
5. ataupun lebih mudahnya lagi dengan menekan Ctrl+O pada keyboard

D.   Apabila Anda ingin mencetak hasil tulisan atau ketikan Anda, syaratnya PC Anda sudah harus terhubung dengan printer, berikut caranya
1. klik “File” pada menu bar
2. pilih “Print”
3. atur sesuai kebutuhan Anda
4. terakhir klik “Print”
5. atau cara lebih mudahnya bisa menekan Ctrl+P

E.    Apabila terjadi kesalahan pada proses pengentikan Anda dan Anda ingin mengembalikan keadaan sebelum terjadi kesalahan cukup dengan mengklik icon “Undo” pada tool bar atau dengan menekan Ctrl+Z dan apabila ingin mengembalikan keadaan sebelum mengklik “Undo” bisa mengklik “Redo” atau dengan menekan Ctrl+Y

F.    Apabila Anda ingin menyalin tulisan ataupun ketikan ke bagian yang lain, Anda bisa melakukan cara seperti di bawah ini:
1. blok bagian tulisan ataupun ketikan yang Anda inginkan
2. klik “Edit” pada menu bar
3. pilih “Copy”
4. kemudian letakan kursor pada bagian lain yang Anda inginkan
5. klik “Edit” pada menu bar
6. pilih “Paste”
atau Anda ingin menggunakan cara yang lebih cepat dengan
1. blok bagian tulisan ataupun ketikan yang Anda inginkan
2. klik kanan pada bagian tulisan atau ketikan yang di blok
3. pilih “Copy” atau menekan Ctrl+C
4. kemudian letakan kursor pada bagian lain yang Anda inginkan
5. klik kanan, pilih “Paste” atau cukup menekan Ctrl+V

G.   Sebelum memulai mengetikan sesuatu pada lembar dokumen, Anda bisa mengatur kertas atau “Lembar Dokumen” yang akan digunakan seperti memberi batas jarak dari tepi kanan, kiri, maupun pada tepi atas bawah, atau mungkin ingin memberi halaman pada bagian atas dokumen ataupun bagian bawah dokumen, dengan cara

a) untuk mengatur batas dari tepi kanan, kiri ataupun tepi atas bawah
1. klik properties yang berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik “Margin”
4. atur sesuai kebutuhan Anda

b) untuk memberi halaman
1. klik “Insert” atau bisa klik “Format”
2. pilih “Header” untuk bagian atas atau “Footer” untuk bagian bawah
3. atur sesuai kebutuhan Anda

c) untuk mengatur posisi kertas/dokumen
1. klik properties yang berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik pada “Orientation”
4. klik “Potrait” untuk posisi vertikal dan klik “Landscape” untuk posisi

d) untuk mengatur ukuran atau jenis kertas/dokumen
1. klik properties yang berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
2. pilih “Page”
3. klik “Size”
4. atur sesuai kebutuhan

e) untuk membuat bentuk kolom
1. jika Anda ingin membuat tulisan ataupun ketikan Anda ke dalam bentuk kolom, blok tulisan atau ketikan yang Anda inginkan
2. klik properties yang berada di bagian kanan (vertikal) dokumen atau bisa klik “Format”
3. pilih “Page”
4. klik “Column”
5. atur sesuai kebutuhan Anda

H.    Jika ingin mulai mengetikan sesuatu pada lembar dokumen dengan mengklik kiri pada lembar dokumen dan mulai mengetik. Untuk mengedit tulisan yang sudah diketikan sesuai yang diinginkan seperti
a) Mengubah bentuk “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Name” pada tool bar
3. atur/ubah sesuai kebutuhan

b) Mengubah ukuran “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Size” pada tool bar
3. atur/ubah sesuai kebutuhan

c) Mengubah warna “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Font Color” pada tool bar
3. atur/ubah sesuai kebutuhan

d) Mempertebal “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Bold” pada tool bar
3. atau bisa menekan Ctrl+B pada keyboard

e) Mencetak miring pada “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Italic” pada tool bar
3. atau bisa menekan Ctrl+I pada keyboard

f) Memberi garis bawah pada “Font” atau huruf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Underline” pada tool bar
3. atau bisa menekan Ctrl+U pada keyboard

g) Mengatur paragraf
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Format”
3. pilih “Paragraph”
4. pilih “Alignment”
5. pilih “Left” untuk rata kiri, “Centre” untuk rata tengah, “Right” untuk rata kanan, dan “Justified” untuk rata kanan-kiri

h) Mengatur spasi
1. blok tulisan atau ketikan yang diinginkan
2. klik “Format”
3. pilih “Paragraph”
4. pilih “Indents and Spacing”
5. atur sesuai kebutuhan

I.      Jika Anda ingin mengetik ke dalam bentuk yang berbeda seperti tabel ataupun bentuk lainnya berikut caranya

a) Membuat tabel
1. klik “Insert” pada menu bar
2. pilih “Table”
3. atur “Row” dan “Column” sesuai kebutuhan Anda
4. atau Anda bisa langsung mengklik “Tabel” pada menu bar, kemudian pilih “Insert” 5. dan atur sesuai keinginan Anda
6. ada juga cara cepat yang dapat dilakukan dengan menekan Ctrl+F12

b) Membuat bentuk lain
1. pilih salah satu bentuk objek yang Anda inginkan pada tool bar “Drawing”
2. jika Anda sudah mengklik salah satu dari bentuk yang terdapat dalam “Drawing”
3. maka klik pada bagian dokumen untuk menuangkan bentuk yang sudah Anda pilih
4. apabila bentuk yang Anda inginkan sudah berada di lembar dokumen maka untuk memberi teks atau tulisan dengan mengklik kanan pada bagian objek kemudian pilih ”Text”
5. objek siap untuk ditambahkan tulisan
jika tool bar “Drawing” belum muncul pada Open Office Writer Anda, maka untuk memunculkannya klik “View” pada menu bar, pilih “Toolbars” kemudian pilih “Drawing”

c) Adapun untuk mengganti warna objek tersebut dengan cara
1. pilih “Background Color” pada tool bar
2. klik warna sesuai yang Anda inginkkan

   4.    Implementasi OpenOffice.org Writer.

OpenOffice.org sangat berpengaruh terhadap masayarakat khususnya untuk masyarakat yang kesehariannya memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal ini karena aplikasi perkanoran seperti OpenOffice.org sangatlah efesien dalam membangun kinerja keseharian (perkantoran) pada kemajuan tekhnologi di era modernisasi ini. Aplikasi pengolah kata merupakan salah satu program yang paling dibutuhkan dan banyak digunakan di berbagai bidang kehidupan, seperti bidang pendidikan, sosial dan ekonomi, keuangan, pemerintahan, kesehatan dan lain-lain. Dengan aplikasi OpenOffice.org Writer kita dapat membuat berbagai dokumen seperti laporan, proposal, artikel, brosur, booklet, karya tulis, surat menyurat, dan lain sebagainya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar