5
Alternatif Pemasaran Global Menurut Keegan
1.
Strategi Perluasan Langsung.
Strategi
yang dinamakan strategi perluasan langsung (straight
extension strategy). Dalam strategi ini perusahaan tidak melakukan sesuatu
yang baru. Perusahaan sama sekali tidak mengubah produk yang sudah dijualnya di
pasar domestik, dan mempromosikannya ke pasar asing dengan cara promosi yang
juga sudah diterapkannyadi pasar domestik.
Contoh
perusahaan yang melakukan strategi perluasan langsung yaitu perusahaan kamera
Canon yang memasarkan produk-produknya ke berbagai negara tanpa mengubah
produknya.
2.
Adaptasi Produk.
Dalam
strategi ini, perusahaan mengubah produk domestiknya agar sesuai dengan kondisi
dan selera pasar asing yang dituju. Promosi tidak diubah atau bahkan tidak
diubah sama sekali.
Contoh
perusahaan yang melakukan strategi adaptasi produk yaitu perusahaan pasta gigi
Colgate, yang notabene produknya tersedia di seluruh dunia. Beberapa produk
Colgate dipasarkan secara lokal, seperti pasta gigi pedas khusus diformulasikan
bagi konsumen Timur Tengah. Dan McDonald juga melakukan strategi adaptasi
produk seperti contohnya di Indonesia menyediakan menu dengan gaya lokal
seperti Ayam Kremes Sambel Uleg, Burger Rendang, dan McDonald Nasi Uduk.
3.
Produk Baru.
Strategi
ini terbagi atas dua jenis, yaitu Backward Invention dan Forward Invention.
A. Backward
Invention, dalam strategi ini sebenarnya produk suatu perusahaan sudah lama
dikenal di negara asalnya, kemudian perusahaan memperkenalkan produk yang baru
bagi pasar lokal yang dituju.
Contoh perusahaan yang melakukan
strategi ini yaitu perusahaan handphone asal Tiongkok.
B. Forward
invention, dalam strategi ini perusahaan benar-benar membuat produk baru untuk
memenuhi kebutuhan pasar setempat.
Contoh perusahaan yang melakukan
strategi ini adalah perusahaan shampoo Sunsilk yang mengeluarkan produk Hijab
Recharge Shampoo untuk memenuhi kebutuhan konsumen wanita berhijab di
Indonesia.
4.
Adaptasi Komunikasi.
Strategi
adapatasi komunikasi yaitu strategi yang dilakukan perusahaan dengan
menyesuaikan promosi sesuai kondisi pasar yang dituju.
Contohnya
persaingan promosi melalui iklan antara Coca Cola dengan Pepsi, kalau di luar
negeri visualisasi iklan keduanya saling menyindir dengan humor satu sama lain,
namun kalau di Indonesia keduanya lebih kalem dan mementingkan produknya, ini
terjadi karena perbedaan budaya antara di luar negeri dengan di Indonesia.
5.
Adaptasi Ganda.
Strategi
adaptasi ganda yaitu perusahaan melakukan penyesuaian antara produk dan
promosinya sesuai dengan pasar yang dituju.
Contoh
perusahaan yang melakukan strategi adaptasi ganda yaitu PT TIMATEX yang
melakukan bussines trip dimana
perwakilan perusahaan melakukan perjalanan bisnis ke negara-negara yang dimana
menjadi pusat perdagangan tekstil dunia seperti misalnya Timur Tengah guna
mendapatkan pelanggan baru.
REFERENSI:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar