Rabu, 02 Januari 2019

TUGAS 2 (MANAJEMEN PEMASARAN GLOBAL)


5 Alternatif Pemasaran Global Menurut Keegan

1.      Strategi Perluasan Langsung.
Strategi yang dinamakan strategi perluasan langsung (straight extension strategy). Dalam strategi ini perusahaan tidak melakukan sesuatu yang baru. Perusahaan sama sekali tidak mengubah produk yang sudah dijualnya di pasar domestik, dan mempromosikannya ke pasar asing dengan cara promosi yang juga sudah diterapkannyadi pasar domestik.
Contoh perusahaan yang melakukan strategi perluasan langsung yaitu perusahaan kamera Canon yang memasarkan produk-produknya ke berbagai negara tanpa mengubah produknya.

2.      Adaptasi Produk.
Dalam strategi ini, perusahaan mengubah produk domestiknya agar sesuai dengan kondisi dan selera pasar asing yang dituju. Promosi tidak diubah atau bahkan tidak diubah sama sekali.
Contoh perusahaan yang melakukan strategi adaptasi produk yaitu perusahaan pasta gigi Colgate, yang notabene produknya tersedia di seluruh dunia. Beberapa produk Colgate dipasarkan secara lokal, seperti pasta gigi pedas khusus diformulasikan bagi konsumen Timur Tengah. Dan McDonald juga melakukan strategi adaptasi produk seperti contohnya di Indonesia menyediakan menu dengan gaya lokal seperti Ayam Kremes Sambel Uleg, Burger Rendang, dan McDonald Nasi Uduk.

3.      Produk Baru.
Strategi ini terbagi atas dua jenis, yaitu Backward Invention dan Forward Invention.
A.    Backward Invention, dalam strategi ini sebenarnya produk suatu perusahaan sudah lama dikenal di negara asalnya, kemudian perusahaan memperkenalkan produk yang baru bagi pasar lokal yang dituju.
Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini yaitu perusahaan handphone asal Tiongkok.
B.   Forward invention, dalam strategi ini perusahaan benar-benar membuat produk baru untuk memenuhi kebutuhan pasar setempat.
Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini adalah perusahaan shampoo Sunsilk yang mengeluarkan produk Hijab Recharge Shampoo untuk memenuhi kebutuhan konsumen wanita berhijab di Indonesia.

4.      Adaptasi Komunikasi.
Strategi adapatasi komunikasi yaitu strategi yang dilakukan perusahaan dengan menyesuaikan promosi sesuai kondisi pasar yang dituju.
Contohnya persaingan promosi melalui iklan antara Coca Cola dengan Pepsi, kalau di luar negeri visualisasi iklan keduanya saling menyindir dengan humor satu sama lain, namun kalau di Indonesia keduanya lebih kalem dan mementingkan produknya, ini terjadi karena perbedaan budaya antara di luar negeri dengan di Indonesia.

5.      Adaptasi Ganda.
Strategi adaptasi ganda yaitu perusahaan melakukan penyesuaian antara produk dan promosinya sesuai dengan pasar yang dituju.
Contoh perusahaan yang melakukan strategi adaptasi ganda yaitu PT TIMATEX yang melakukan bussines trip dimana perwakilan perusahaan melakukan perjalanan bisnis ke negara-negara yang dimana menjadi pusat perdagangan tekstil dunia seperti misalnya Timur Tengah guna mendapatkan pelanggan baru.




REFERENSI:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar